RENEWAL ISO 9001 : 2008 DI DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN SLEMAN

Dinas Kesehatan selama 2 hari (senin tgl 16 dan 17 Pebruari 2009) dilakukan Audit Ekternal oleh SGS yang dilakukan oleh 2 orang auditor yaitu Bapak Widiyatmoko dan Bapak Rizamarru. Komitmen Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman didalam menerapkan sistim manajemen mutu ISO 9001 : 2000 terus dikembangkan  untuk senantiasa meningkatkan kualitas kinerjanya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman telah berhasil mempertahankan sertifikat ISO 9001 : 2000 selama 3 tahun, hal ini menunjukkan komitmen yang tinggi dari seluruh karyawan Dinkes untuk selalu konsisten menerapkan Sistim Manajemen Mutu di organisasinya , terbukti selama 3 tahun sertifikat tidak dicabut.

            Manfaat yang besar bagi organisasi sangat dirasakan dengan implementasi sistim manajemen mutu ini. Kinerja disetiap kegiatan manajemen menjadi terukur dan mampu telusur sesuai standar mutu, pendokumentasian kegiatan menjadi lebih akuntabel dan transparan. Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman memiliki komitmen bahwa penerapan Sistim Manajemen Mutu harus berkesinambungan dengan tetap melanjutkan dan mengembangkan area mutu dari penerapan ISO 9001 : 2000, untuk itu dibutuhkan proses re-sertifikasi (renewal).

Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman pada tanggal 16 – 17 Februari 2009 telah melaksanakan renewal ISO 9001 : 2008 ( merupakan sistim sertifikasi manajemen mutu internasional terbaru yang diberlakukan mulai akhir th 2008 ). Pada kesempatan tersebut Dinkes telah berhasil mempertahankan SMM sekaligus lulus  sertifikasi ISO 9001 : 2008 tanpa temuan yang bersifat kritikal.

Komitmen Dinkes utk. melakukan ” Continueing Improvement ”  dari Sistim Manajemen Mutu ISO 9001 : 2000 ke ISO 9001 : 2008 tidak hanya untuk Dinkes saja tapi juga akan diterapkan di 25 Puskesmas di wilayah Kabupaten Sleman.

Saat ini telah ada 10 Puskesmas yang tersertifikasi ISO, dua diantaranya telah lulus sertifikasi ISO 9001 : 2008 pada bulan Desember 2008 lalu, yaitu Puskesmas Prambanan dan Puskesmas Gamping I.

 Sertifikasi ISO 9001 : 2008  akan diterapkan pada seluruh puskesmas yang belum menerapkan ISO sedangkan utk 8 puskesmas yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001 : 2000 akan dipersiapkan untuk menerapkan ISO 9001 : 2008 pada saat renewal nanti .

Demikianlah komitmen yang diambil oleh seluruh jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman didalam menerapkan dan mengembangkan sistim manajemen mutu secara konsisten dan berkesinambungan.

 

                                                                                                 

 

Secara umum

Ciri ISO 9001:2008 adalah:

a. Berorientasi kepada kepuasan pelanggan

b. Produk dituntut untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan terkait

c. Pendekatan proses (process approach)

d. Memperhatikan semua aspek yang mempengaruhi mutu

e. Mendorong perbaikan terus menerus

f. Kompatibel dengan standar sistem manajemen yang lain

Beberapa penekanan dalam ISO 9001:2008 antara lain:

Dalam persyaratan umum dijelaskan bahwa organisasi harus:

a. Menetapkan proses yang dibutuhkan

b. Menerapkan urutan dan interaksi proses

c. Menetapkan kriteria dan metode agar pelaksanaan dan pengendalian proses   

    berjalan dengan efektif

d. Memastikan ketersediaan sumber daya dan informasi yang dibutuhkan

e. Mengukur, memantau dan menganalisis proses

f. Melakukan perbaikan berkesinambungan terhadap proses

g. Melakukan pengendalian terhadap proses yang dilakukan subkontraktor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: